Tips Move On Kegagalan Cinta

Putus cinta adalah hal yang sangat menyakitkan. Hampir semua orang di dunia ini pernah mengalaminya. Tetapi bagian tersulit dari putus cinta bukanlah saat Anda harus mengakhiri hubungan, tetapi saat Anda berusaha untuk bangkit dari patah hati. Kadang dibutuhkan waktu yang lama dan proses yang panjang untuk melakukannya. Tak jarang ada orang yang gagal move on dari suatu hubungan hingga bertahun-tahun. Semua itu karena cara yang salah dalam menyikapi kegagalan cinta. Jangan biarkan diri Anda terjebak dalam suatu hubungan yang bahkan sudah tak lagi ada. Simak tips dari Your Tango berikut agar Anda bisa move on dengan cara yang sehat.

1. Terima kenyataan Hal pertama yang harus Anda lakukan agar bisa bangkit dari kegagalan suatu hubungan adalah dengan menerima kenyataan kalau hubungan tersebut sudah benar-benar berakhir. Meskipun terdengar sepele, tetapi inilah hal yang paling sulit dilakukan. Anda sadar betul kalau hubungan kalian sudah putus, tetapi diam-diam Anda masih mengharapkannya kembali atau masih mencari-cari alasan kenapa hubungan kalian bisa kandas. Itulah yang disebut tak dapat menerima kenyataan.

2. Jangan takut untuk menangis Menangis tak selalu berarti negatif. Kadang Anda memang butuh menangis agar bisa mencurahkan segala kesedihan, kekesalan, dan ganjalan di hati. Menangislah sepuasnya, sampai perasaan Anda terasa lebih lega. Jika Anda ngotot untuk menegarkan diri, berpura-pura segalanya baik-baik saja, itu sama saja dengan memendam luka. Bukannya terasa lebih baik, lama-kelamaan Anda akan 'meledak'.

3. Carilah kesibukan Jika Anda sudah puas menangis dan perasaan sudah terasa lebih ringan, carilah kegiatan yang dapat membuat Anda sibuk. Pilihlah aktivitas yang Anda sukai. Kesibukan dapat mengalihkan benak Anda dari si mantan dan pikiran-pikiran negatif.

4. Jangan pelihara pikiran negatif Tak masalah jika Anda merasa benci kepada mantan pacar, apalagi kalau hubungan kalian memang berakhir dengan cara yang buruk. Kadang-kadang mengingat sisi negatif mantan bisa membuat Anda melupakannya lebih cepat daripada jika Anda selalu teringat dengan segala kebaikannya. Tetapi jangan sampai pikiran seperti ini meracuni Anda. Jangan karena Anda mengalami akhir yang pahit dengan seorang pria, lalu Anda menganggap semua pria sama buruknya dengan mantan Anda, atau lebih parah lagi, tidak mau menjalin cinta lagi.

5. Berpikir ke depan Putus cinta memang terasa menyakitkan. Tetapi itu bukanlah akhir dari dunia. Hubungan Anda yang kandas itu merupakan bagian dari proses pendewasaan yang harus dilalui. Pengalaman pahit saat putus cinta akan menempa diri Anda untuk menjadi pribadi yang lebih tegar, lebih matang, dan bijaksana dalam memandang berbagai hal dalam hidup. Yakinlah kalau ada seorang pria hebat yang sedang menanti Anda di luar sana.